Kajian Online Pekanan
Pekan ke-2: Seri Tafsir Juz ‘Amma
Tahun ke-VIII/Juni/2024
Program “Go Islamic”
FIKES UNIMMA

Tafsir Surat An Naas (2)

Pada bulan Januari 2024 lalu telah disampaikan sebagian faedah dari tafsir Surat An Naas. Berikut kelanjutannya:

Keempat.
Setiap Muslim diperintahkan untuk berdoa agar dihindarkan dari karakter atau sifat yang tidak baik dalam kehidupan sehari hari.

Sebagai contoh mudahnya dalam dunia kerja. Termasuk karakter yang baik adalah ketika seorang Muslim dapat mentaati aturan dan mendukung program kerja yang telah ditetapkan pemimpin. Demi menjaga kemaslahatan bersama.

Karena ketika sebuah tempat pekerjaan dalam kondisi baik segala sesuatunya, maka kebaikan tersebut InsyaAllah akan berdampak positif kepada para pegawainya.

Kelima.
Jin adalah makhluk Allah yang tercipta dari api dan memiliki kemampuan tertentu. Misalnya, berubah wujud menyerupai hewan atau manusia. Jin ada yang taat kepada Allah dan ada yang selalu memusuhi perintah Allah.

Jin hidup di dunianya sendiri yaitu di alam jin. Namun terkadang, jin dapat menyatu dalam dunia manusia dan menampakkan wujud aslinya. Sebagaimana jin yang pernah mengganggu Nabi ketika shalat di malam hari. Nabi-pun kemudian menangkap dan mengikatnya di tiang masjid agar pagi harinya dapat dilihat banyak orang.

Namun karena alasan tertentu, Nabi melepaskannya sebelum pagi, yang pada akhirnya tidak jadi tontonan kala itu. Kisah tersebut sangat terkenal dan shahih diriwayatkan Bukhari.

(Taisir Karimirrahman / Tafsir As Sa’di karya Abdurrahman bin Nashir As Sa’di).

Semoga bermanfaat.