Kajian Online Pekanan
Pekan ke-3: Seri Tanda Hari Kiamat
Tahun ke-VIII/Juni/2024
Program “Go Islamic”
FIKES UNIMMA

Tanda Hari Kiamat (14): Meluasnya perdagangan

Termasuk tanda akan semakin dekatnya Hari Kiamat adalah meluasnya perdagangan; hingga ada sebagian istri membantu suaminya dalam berdagang (HR. Ahmad no.3860; Shahih).

Beberapa waktu terakhir ini memang sedang banyak bermunculan bisnis start-up (bisnis rintisan) baik itu online atau offline, mulai dari makanan, baju, dan sebagainya. Bahkan tidak sedikit yang penjualnya adalah para wanita. Terkadang mereka bersama anak-anaknya ketika berdagang. Duduk di pasar atau di tepi jalan atau bahkan berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya.

Meluasnya perdagangan saat ini bukan berarti menjadi hal yang negatif di tengah masyarakat. Namun terkadang menjadi aspek positif, terlebih lagi jika diniatkan membantu ekonomi keluarganya. Bahkan, berdagang adalah salah satu sunnah Nabi (HR. Hakim no.2:10, Shahih).

Sebagaimana diketahui bahwa tanda Hari Kiamat ada yang positif dan negatif. Positif dalam artian tanda tersebut bukan dalam konteks larangan syariat, misalnya meluasnya perdagangan. Sementara itu, tanda negatif yaitu tanda yang termasuk larangan, misalnya meluasnya minuman keras, narkoba, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat.