FIKES Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) mendapatkan kesempatan untuk menerima Asesmen Lapangan Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker pada tanggal 4 Juli 2024 di Ruang Aula FIKES UNIMMA. Kegiatan ini melibatkan tim asesor yang terdiri dari Prof. apt. Tiana Milanda, M.Si dari Fakultas Farmasi, Universitas Padjajaran, Bandung dan Dr. apt. Patonah, M.Si dari Universitas Bhakti Kencana, Bandung. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan kemudian disusul dengan sambutan oleh Dr. Lilik Andriyani, SE, M.Sc selaku Rektor UNIMMA, sambutan dari Kepala LLDIKTI Wilayah VI Dr.Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H. Beliau menyampaikan bahwa persiapan ini sangat penting untuk menyiapkan program studi sehingga dapat lebih maksimal menerima mahasiswa baru. Di samping itu, sarana dan prasarana juga menjadi hal yang sangat penting dalam pembukaan program studi baru.

Dalam Proses asesmen ini, para asesor mengawali dengan evaluasi dokumen dimana Tim Evaluator memberikan beberapa saran dan rekomendasi yang menitikberatkan pada kurikulum PSPPA dan juga sarana prasarananya.

Prof. apt. Tiana Milanda selaku asesor menyampaikan bahwa tujuan dari asesmen lapangan ini adalah untuk memastikan terkait kesiapan Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker FIKES UNIMMA sebelum dokumen resmi diunggah. Acara ini juga dihadiri oleh para dosen Prodi Pendidikan Profesi Apoteker, Dosen Farmasi, serta para perseptor yang mendukung pendidikan calon apoteker. Kehadiran mereka menunjukkan akan kesiapan dan juga komitkan untuk menjaga kualitas proses pendidikan sehingga dapat menghasilkan apoteker yang berkualitas. Selain itu, tim asesor juga memeriksa dokumen kurikulum, wawancara dengan calon dosen dan meninjau sarana dan prasarana.

Kegiatan ini ditutup oleh sambutan Dr. Heni Setyowati Esti Rahayu, S.Kp, M.Kes selaku Dekan FIKES UNIMMA yang menyampaikan ucapan terimakasih atas visitasinya. Dr. Heni juga menyampaikan bahwa tim akan memperbaiki revisi minornya dalam waktu dekat sehingga harapannya ijin operasional segera turun dan di bulan September 2024 sudah dapat menerima mahasiswa baru.