Kajian Online Pekanan
Pekan ke-3: Seri Tanda Hari Kiamat
Tahun ke-VIII/Oktober/2024
Program “Go Islamic”
FIKES UNIMMA

Tanda Hari Kiamat (18): Banyaknya kebohongan dan kesaksian palsu

Nabi menyampaikan bahwa salah satu tanda semakin dekatnya Hari Kiamat adalah semakin banyak kebohongan dan kesaksian palsu di tengah masyarakat (HR. Muslim no.6; Shahih).

Isyarat Nabi di atas sepertinya sudah mulai nampak; dimana kebohongan dianggap biasa dan seolah-olah tidak berdampak apa-apa. Padahal sebenarnya, dampak yang muncul sangat lumayan. Misalnya, menghilangkan kepercayaan orang lain dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, maraknya kasus korupsi yang terungkap merupakan bukti bahwa kebohongan telah mengakar dimana-mana. Terkadang motivasinya hanya keuntungan materi yang nilainya tidak seberapa dibandingkan dengan dosa yang didapatkan. Begitu juga, banyaknya kasus kesaksian palsu di sebagian proses peradilan; dimana orang salah dibenarkan dan yang benar disalahkan.

Kejadian tersebut merupakan bukti bahwa integritas & kredibilitas menjadi sesuatu yang terkadang sangat sulit ditemui saat ini.

Tentunya sebagai seorang Mukmin, kita sangat prihatin dengan keadaan tersebut. Yang dapat dilakukan saat ini salah satunya adalah berharap semoga Allah menjauhkan kita dari sifat-sifat di atas, Aamiin.