Perguruan Tinggi dalam menyusun kurikulum pendidikan menetapkan adanya Standar Nasional Pendidikan di samping Standar Nasional Penelitian dan Standar Nasional Pengabdian pada Masyarakat. Dalam Standar Nasional Pendidikan terdapat Standar proses pembelajaran, yang termasuk bagian kriteria minimal tentang pelaksanaan pembelajaran program studi guna memperoleh Capaian Pembelajaran lulusan (sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia atau KKNI) yang merupakan internalisasi sikap, pengetahuan (penguasaan pengetahuan) dan keterampilan (baik keterampilan umum maupun keterampilan khusus).

Dalam mencapai tujuan tersebut, diperlukan adanya RPS (Rencana Pembejalaran Semester), Modul ajar dan buku ajar. Secara konsep, RPS adalah dokumen perencanaan proses belajar mengajar yang dirancang sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. Sementara itu, modul ajar merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Buku ajar adalah buku yang digunakan untuk kegiatan belajar mata kuliah yang disusun oleh dosen atau tim dosen pengampu mata kuliah tersebut sesuai dengan bidang ilmunya, serta diterbitkan secara resmi atau ber-ISBN.

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang mengadakan workshop penyusunan RPS, modul ajar dan buku ajar selama tiga hari yaitu 5 – 7 Februari 2024 secara luring di ruang sidang FIKES. Pada hari pertama, paparan materi dari Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP UNIMMA) oleh Dr. Galih Istiningsih, S.Pd., M.Pd dan Dr. Dhuta Sukmarani, S.Si., M.Si, kemudian disusulkan dengan penyusunan RPS, modul ajar dan buku ajar. Sementara itu untuk hari kedua dan ketiga, kegiatan masih dilanjutkan dengan penyusunan RPS, modul dan buku ajar per mata kuliah dan evaluasi.

Dekan FIKES, Dr. Heni Setyowati Esti Rahayu, S.Kp, M.Kes menyampaikan bahwa dengan adanya workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kepada mahasiswa serta dapat meningkatkan produktifitas dosen keperawatan dalam menulis buku ajar.